Hampir sulit untuk menolak gurihnya ayam goreng, teksturnya yang renyah di luar dan empuk di dalam hampir membuat semua orang suka. Namun, dibalik kenikmatan dan gurihnya ayam goreng, ternyata masih banyak lho yang belum tahu sejarahnya.

Dilansir dari Wonderopolis, belum diketahui secara pasti siapa sebenarnya penemu ayam goreng. Namun Koki Inggris, Hannah Glasse lah yang pertama kali menerbitkan resep ayam goreng pada tahun 1747. Tetapi, kisah ayam goreng paling awal berusia ribuan tahun berasal dari Cina, Timur Tengah dan Afrika Barat. Meski hidangan ayam goreng telah banyak berubah selama bertahun-tahun.

Ayam Ala Amerika

Ayam goreng ala Amerika bermula di Amerika bagian Selatan. Banyak yang mengira resep tersebut berasa dari imigran Skotlandia. Tetapi ada yang percaya resep itu dari Afrika. Penemuan ayam goreng ala Amerika mungkin belum diketahui secara pasti. Namun tidak ada keraguan, orang-orang dari Afrika yang diperbudak di Amerika Serikat lah yang membuat ayam goreng seperti sekarang ini. Mereka mengunakan rempah-rempah Afrika Barat dalam campuran roti. Sehingga menciptakan rasa yang baru bagi Amerika Serikat bagian selatan. Hidangan tersebut dengan cepat mendapatkan ketenaran.

Pengusaha Afrika-Amerika, kebanyakan perempuan, mulai menjual ayam goreng sejak 1730-an. Kemudian banyak orang melakukan hal yang sama. Restoran cepat saji menjual ayam goreng mulai pada tahun 1950-an. Hingga sekarang restoran cepat saji itu masih ada.

Sekarang, Versi ayam goreng di dunia pun ada sangat banyak. Masing-masing negara atau bahkan tiap daerah terkadang memiliki cita rasa serta ciri khas sajian ayam goreng sendiri. Salah satu yang ramai di Indonesia adalah ayam goreng tepung. Dari banyaknya varian menu ayam goreng tepung, salah satu yang wajib kamu coba adalah ayam goreng tepung dari DKF, yang biasa disebut Chicken Crispy. Memiliki cita rasa yang Krispi di luar dan empuk di dalam membuat DKF Chicken Crispy punya banyak pecinta. Selain ayam goreng original, DKF Chicken Crispy juga punya varian lain yaitu ayam geprek, spicy dan Dadidu Pedas.

Wah, Berani cobain ?

%d blogger menyukai ini: